On the Record

ON THE RECORD
Mahfud MD di Balik Putusan Mahkamah Konstitusi
- Rita Triana Budiarti -

Dalam waktu relatif singkat, kepemimpinan Prof. Mahfud MD berhasil membawa Mahkamah Konstitusi menjadi lembaga yang berwibawa untuk menguji konstitusionalitas semua aturan hukum kita. Keputusan-keputusannya adil, tidak memihak, tegas, disertai pertimbangan dengan nalar hukum yang dapat didiskusikan oleh semua pihak yang berkepentingan, termasuk oleh mereka yang mungkin tidak puas. Citra imparsialitas MK tersebut tak terlepas dari figur ketuanya, yang meskipun berlatar belakang partai politik namun berhasil membebaskan diri dari loyaliytas kepartaian. MK telah mendekati ideal sebuah Mahkamah Konstitusi sebagaimana di negara-negara hukum modern yang tradisinya hukumnya jauh lebih tua. Reputasi dan prestasi unggul ini sangat penting dipertahankan. Jika semua hakim konstitusi lebih hemat bicara, khususnya menyangkut undang-undang yang sedang, akan, dan telah diuji oleh MK, tentu reputasi tinggi ini semakin kokoh. 

Taufiq Kiemas, Ketua MPR RI

 
Mahfud MD adalah orang yang sangat beruntung karena bisa berjalan-jalan di banyak ranah, dari akademisi ke menteri, dari menteri ke politisi, dari politisi ke Mahkamah Konstitusi. Setelah jadi Ketua MK, apa lagi? Saya menangkap kesan hidup Mahfud mengalir saja, tetapi pasti tidak menolak bila ada tantangan lebih dari sekedar Ketua MK. Kesan saya banyak putusan MK karena pengaruh, sikap, dan pemikiran serta serta leadership dari seorang Mahfud. Track record Mahfud telah mengabarkan itu semua. 

Marzuki Alie, Ketua DPR-RI



Mahfud MD adalah sosok negarawan yang langka di Indonesia. Sekalipun menjabat sebagai Ketua MK, kerap kali ia tampil sebagai sosok akademisi yang lugas. Namun, pribadinya yang sederhana mampu membawa MK menjadi lembaga yang dekat di hati rakyat. Tentu saja prestasi tersebut tidak diraih dengan mudah. Di dalamnya terkandung berbagai dinamika dan kendala yang tak pernah mencuat ke hadapan khalayak. Berbagai dinamika dan kendala yang tak pernah mencuat ke hadapan publik tersebut, terungkap dalam buku On The Record, Mahfud MD di Balik Putusan Mahkamah Konstitusi. Harapan atas penerbitan buku ini adalah agar Indonesia memiliki catatan, atau bahkan teladan, tentang salah satu model kepemimpinan di negeri ini. Lebih luas lagi, buku ini diharapkan mampu memberi inspirasi bagi pembaca
dalam menegakkan keadilan dan
demokrasi di mana pun berada.

Detail produk:
16 x 24 cm; 252 hlm
ISBN 978-602-97179-0-7
Cetakan ke-1, 2010
Rp 50.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar